Senin, 28 November 2016

Macam-macam penyakit mata, ciri, gambar, penjelasannya

Macam-macam penyakit mata, ciri, gambar, penjelasannya

 

Macam-macam penyakit mata, ciri-ciri, gambar, penjelasannya – Mata merupakan salah satu dari panca indera yang fungsinya sebagai alat penglihatan. Dengannya kita bisa melihat indahnya dunia yang warna-warni dan mengenali isinya. Maka tak berlebihan bila mata disebut sebagai jendela dunia.
Mata merupakan anugerah Tuhan yang besar. Sebagai bentuk rasa syukur dengan-NYA, kita harus menggunakan mata untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat. Serta yang tidak kalah penting, kita harus jaga kesehatannya.
Namun saat kita menggunakan mata, meski sudah hati-hati adakalanya bisa mendapat penyakit juga karena faktor luar. Misal lingkungan polusi yang buruk ataupun cedera kecelakaan. Jika sudah menggunakannya dengan baik pun, tidak bisa dipungkiri kalau berlebihan bisa mendatangkan penyakit mata juga. Contohnya kelelahan saat bekerja depan komputer dalam jangka waktu lama.
Kalau sudah digunakan dengan baik dan hati-hati saja bisa mendatangkan masalah, apalagi kalau dipakai secara sembrono seperti misalnya nonton TV jarak dekat, silau matahari/cahaya (pekerja nelayan dan tukang las) tanpa kaca mata, kurang menjaga kebersihannya, dan lainnya, pasti akan lebih banyak lagi masalah yang bisa mata kita alami. Nah berikut inilah beberapa jenis-jenis atau macam-macam penyakit mata beserta penjelasan, ciri-ciri, dan gambarnya.

Macam-macam penyakit mata, ciri-ciri, gambar, penjelasannya

  • 1. Konjungtivitis
    macam-macam penyakit mata konjungtivitishttps://lh3.googleusercontent.com/-6PfpF6zMsgI/VsN1_PJDeKI/AAAAAAAAH1M/9pkzPlPFNN0/s201-Ic42/konjungtivitis.JPG
    Konjungtivitis biasa dibilang mata merah. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Antara lain mata lelah, virus, bakteri, iritasi dan lainnya.
    Karena di artikel sebelumnya yang berjudul Cara mengobati mata merah saya sudah menuliskan panjang lebar mengenai konjungtivitis ini, maka di sini tidak perlu ya untuk kita bahas apa penyebab, ciri-ciri, gejala, maupun cara pengobatannya. Silakan klik link di atas untuk info lebih lanjut.
  •  2. Mata bintitan / timbilan
    sakit mata bintitanhttps://lh3.googleusercontent.com/-0ZsEq9u8eSw/VsNx9rbBd6I/AAAAAAAAH0Q/K0e5ve0HN9c/s232-Ic42/bintitan.JPG

  • Mata bintitan atau timbilan dalam dunia medis disebut Hordeolum. Seperti konjungtivitis, bintitan bisa terjadi pada anak-anak dan dewasa. Penyakit mata yang ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Stafilokokus (Staphylococcus aureus). Sebenarnya sakit mata bintitan bisa sembuh sendiri dalam jangka 1-2 minggu karena jenis penyakit ini termasuk golongan self limiting disease.
    Namun bila anda ingin tau bagaimana cara penyembuhan mata bintitan yang cepat, silakan baca artikel yang berjudul Cara mengobati mata bintitan atau timbilan dengan cepat. Dan berikut inilah gambar penyakit mata yang mitos salah kaprahnya disebabkan karena suka mengintip.
     3. Kerabunan / rabun mata
     mata rabunhttps://lh3.googleusercontent.com/-ui7n18zst6I/VsN2ANX4wRI/AAAAAAAAH1Y/_HUMNWFMYOA/s306-Ic42/rabun.JPG

    Penyakit rabun mata dibagi menjadi 2, yaitu rabun mata dekat dan rabun mata jauh. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan gadget tapi anak-anak pun dari usia dini sudah banyak yang mulai menggunakannya. Jika dilakukan dengan cara yang tidak tepat dan dalam jangka lama, bisa menyebabkan penyakit rabun.
    Rabun dekat: Iyalah salah satu jenis kelainan mata yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat benda dengan jelas kalau dilihat dari jarak yang terlalu dekat. Biasanya dialami oleh banyak orang tua yang berumur lebih dari 40 tahun. Kita pasti pernah lihat nenek-nenek atau kakek-kakek yang mau melihat sesuatu, bendanya malah justru dijauhkan jaraknya dari sumber alat penglihat alias mata. Nah nenek inilah ciri-ciri pengidap sakit ini.
    Rabun jauh: Rabun jauh adalah kebalikannya rabun dekat. Pengertiannya adalah salah satu kelainan mata yang membuat penderitanya tidak bisa melihat benda dengan jelas kalau benda tersebut dilihat dari jarak jauh. Kalau pengidap rabun dekat kebanyakan orang tua, rabun jauh banyak diderita oleh anak-anak terutama yang gemar game, kutu buku, dan sebagainya.
     4. Presbiopi
     presbiopihttps://lh3.googleusercontent.com/-sHiHLiJW9kQ/VsN1_QksMNI/AAAAAAAAH1Q/iQ83PJWmp3E/s143-Ic42/presbiopi.JPG

    Bisa dibilang presbiopi adalah gabungan dari rabun jauh dan dekat dijadikan satu. Atau dengan kata lain penderita penyakit mata jenis ini tidak bisa melihat benda dengan jelas meski dari jarak dekat apalagi jauh. Presbiopi lebih sering menyerang pada orang usia lanjut.
    Cara mengatasi penyakit macam presbiopi ini biasanya dengan kaca mata ganda. Yaitu sebuah kaca mata yang terdapat 2 lensa plus dan minus di setiap bagiannya.
     5. Buta warna
     buta warnahttps://lh3.googleusercontent.com/-KXkVEBnByY4/VsN1-fsDLqI/AAAAAAAAH1A/kt2nuvqep0o/s231-Ic42/buta%252520warna.JPG

    Jangan dikira hanya orang buta saja lah yang tidak bisa melihat merah, hijau, biru, kuning, dan warna dunia lainnya. Sebagian orang pun, meski bisa melihat bentuk benda, mereka tidak bisa melihat atau membedakan warnanya. Yang dilihat olehnya hanya hitam, abu-abu, dan putih saja.
    Namun dalam level yang lebih ringan, ada orang yang menderita buta warna sebagian saja, bukan total. Maksudnya mereka hanya tidak bisa membedakan warna tertentu saja, sedangkan warna lain bisa. Kabarnya Mark Zuckerberg adalah salah satu penderita buta warna sebagian ini. Media sosial hasil ciptaannya, facebook, dibuat dengan dominan warna biru karena konon Mark buta warna merah dan hijau.
    Penyebab penyakit mata jenis ini kebanyakan karena faktor keturunan.













    sumber :  http://obatsembuh.com/macam-macam-penyakit-mata-ciri-gambar-penjelasannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar